Seminar Motivasi Inovasi dan Kewirausahaan

Depok, 10 Mei 2016 – Dalam rangka meningkatkan pemahaman mengenai inovasi dan kewirausahaan, Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis (DIIB) UI mengadakan Seminar Motivasi Inovasi dan Kewirausahaan dengan tema “Preparing the Future with Innovation and Entrepreneurship” . Seminar ini menghadirkan tiga pembicara: Dr. Ir. Ophirtus Sumule (Direktur Sistem Inovasi, Ditjen Penguatan Inovasi, Kemenristekdikti), Danny D. Kosasih (akademisi, co-founder Makedonia Makerspace and Innovation Hub), dan Irzan Raditya (CEO YesBoss).
Pada sesi pertama seminar, Dr. Ir. Ophirtus Sumule menerangkan peran Kemenristekdikti dalam menciptakan ekosistem kewirausahaan. Melalui program insentif Inkubasi Bisnis Teknologi, Kemenristekdikti melakukan kajian dan memberikan bimbingan pada Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi. Pendampingan ini berlangsung selama 3 tahun.
Di seminar sesi dua, Danny Kosasih dan Irzan Raditya memaparkan apa saja yang penting dalam inovasi dan kewirausahaan. Danny mengatakan, “Inovasi bukan hal yang canggih”. Beliau memberikan contoh tongsis. Tidak ada yang canggih dari alat ini, namun tongsis sukses di pasaran karena dapat memenuhi kebutuhan manusia untuk ber-selfie. Kuncinya adalah menciptakan produk yang relevan dan customer-driven. Selain itu, kolaborasi juga penting untuk dilakukan tiap wirausahawan. YesBoss Group milik Irzan Raditya, contohnya, bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan lain, seperti Grab dan Food Panda.
Untuk menjawab keingintahuan peserta seminar, di akhir acara moderator memberikan kesempatan bagi peserta untuk mengajukan pertanyaan. Naufan dari program studi Administrasi Fiskal menanyakan cara meyakinkan orang lain agar mau berkolaborasi dengan kita, terutama jika kita tidak memiliki latar belakang yang meyakinkan. Irzan Raditya menjawabnya dengan satu kata kunci: leadership. Carilah partner atau co-founder dengan latar belakang berbeda sehingga bisa saling melengkapi.
Column Chart
Pie Chart

Stay Connected
Latest News